Kuma Kuma Kuma Bear - Chapter 6

Chapter 6 - Beruang-san Membuat sebuah Kartu Guild. Pekerjaan adalah Beruang.

Aku memutuskan untuk membuat sebuah kartu guild setelah kembali dari lapangan latihan.

[Untuk mendaftar, saya akan membutuhkan namamu, tanggal lahir dan pekerjaan, please]

Helen, yang menyelesaikan pengaturan untuk perawatan medis, menerima pendaftaranku.
Rasa kelelahan diperlihatkan pada wajahnya.
Aku menyatakan bahwa ini bukan salahku.

[Tanggal lahir?]
[Ya, itu perlu untuk memeriksa usia]
[Usia itu sendiri tidak bagus?]
[Usia pada kartu guild tidak akan update tanpa tanggal lahir]

Aku mengerti, kalau seseorang hanya memberikan usia mereka, lalu mereka secara teknis akan mampu untuk selalu tetap 18.
Namun, apa yang harus aku lakukan tentang tanggal lahir?
Tulisan-tulisanku dari dunia yang berbeda, tapi semoga ini akan menjadi baik-baik saja.
Untuk saat ini, aku menulis [Yuna] dalam bahasa jepang.
Aku menulis tanggal lahir dalam format kalender Gregorian.
(T/N: https://id.wikipedia.org/wiki/Kalender_Gregorius)
Helen melihat ini dan mengatakan,

[Jadi Yuna-san berusia 15 tahun]

Itu disampaikan dengan baik.
Seperti yang diharapkan dari dunia fantasi.
Selanjutnya adalah kolom pekerjaan.

[Pekerjaan?]
[Itu akan berguna ketika seseorang ingin merekrut kawan untuk request mereka. Itu akan berfungsi sebagai sebuah referensi]
[Rekan?]

Aku bereaksi saat aku mendengan kata "Rekan" tapi itu pastinya bukan karena aku seorang penyendiri.
Aku mengatakan, itu pastinya bukan karena aku tidak memiliki teman satupun.
Aku memiliki beberapa.
Itu bukan nol.

Aku pernah menjadi seorang magic knight di game.
Kapanpun aku menghadapi monster, aku menargetkan kelemahan mereka, menggunakan sihir melawan mereka dengan ketahanan fisik dan sebaliknya. Aku bisa menggunakan serangan fisik dan sihir karena aku adalah seorang magic knight.
Sayangnya, itu sudah sangat tidak populer dalam party karena itu semacam sebuah pekerjaan ambivalen.
(T/N: https://kbbi.web.id/ambivalen)
Kalau kamu membutuhkan demage fisik, seorang swordman lebih baik, dan kalau kamu membutuhkan demage sihir, seorang mage lebih baik.
Oleh karena itu, aku tidak masuk party karena itu menyusahkan.
Aku tidak ingin direkrut

[Itu tidak diperlukan untukku. Apakah aku masih harus menulis itu?]
[Itu akan berguna kalau kamu bisa]
[Umm...]

Yah, itu mungkin baik-baik saja bahkan kalau aku bukan seorang magic knight lagi, tapi apa pekerjaanku?
Aku tidak bisa menggunakan sihir dan tidak memiliki sebuah pedang, seniman beladiri?
Ini bukan seperti aku tidak ingin menulis itu, aku hanya tidak bisa.
Aku merasa bahwa sebuah suara dari surga mengatakan bahwa [Beruang] adalah pekerjaanku.

Nama: Yuna
Tanggal Lahir: Hari XX Bulan XX Tahun 20XX
Aku akhirnya menulis itu.
Helen menatapku.
Aku ingin menyelesaikan ini dengan cepat, jadi aku tidak mengatakan apapun.

[Lalu, silahkan taruh tanganmu di atas piringan kristal ini]

Itu sama seperti kristal yang mereka miliki di gerbang.
Tampaknya untuk memeriksa sihir, tapi apakah sihir berbeda dari orang ke orang?
Apakah panjang gelombang dari kekuatan sihir berbeda untuk setiap individu, seperti sidik jari?
Sementara aku berpikir tentang hal semacam itu, Helen mengoperasikan piringan kristal itu.

[Itu mengambil beberapa waktu untuk menyelesaikan pendaftaran, jadi aku akan memberikanmu sebuah penjelasan untuk sementara. Kartu guild secara otomatis mengupdate informasimu. Peringkat petualangmu, jumlah dari request yang diterima, isi dari request, keberhasilan dan kegagalan dari request, dan request yang saat ini terdaftar semuanya bisa dilihat di guild manapun]

Aku mengerti, jadi itu juga mencatat kegagalan. Tampaknya bahwa seseorang dengan banyak kegagalan tidak akan bisa menerima banyak request.

[Itu tidak mencatat jumlah monster yang ditaklukkan?]
[Tidak, itu tidak. Tidak ada gunanya]
[...?]
[Bahkan kalau kamu membawa sebuah batu sihir, tidak ada cara untuk memastikan kalau kamu mengalahkannya oleh dirimu sendiri atau dengan 100 orang. Oleh karena itu, kami tidak bisa mengukur kemampuan seseorang dengan cara ini]

Aku mengerti, tidak ada cara untuk mencatat jumlah musuh yang dikalahkan secara otomatis, seperti di game.
Kalau itu secara otomatis mencatat penaklukkan dari seekor naga yang dilakukan dengan 10.000 anggota party lainnya, akan ada pertarungan siapa yang telah menangani pukulan terakhir.
Dari pihak lain, itu akan tidak berguna kalau semua 10.000 orang mendapatkan catatan penaklukkan.
Tampaknya bahwa kamu harus memberitahu guild tentang keberhasilan atau kegagalan dari request secara manual.

[Saya akan menjelaskan peringkat guild berikutnya. Peringkat mulai dari F dan naik ke E, D, C, B, A dan S. Peringkat berubah bersamaan dengan jumlah keberhasilan dan kegagalan dari request. Peringkatmu tidak akan meningkat kalau kamu memiliki terlalu banyak request yang gagal, jadi tolong hanya ambil request yang sesuai dengan kekuatanmu saat ini. Juga, peringkatmu tidak akan meningkat kalau kamu tetap mengambil request dari peringkatmu]
[Apa yang kamu maksud?]
[Kamu bisa ambil request dari peringkat yang lebih tinggi dari milikmu. Oleh karena itu, bahkan kalau kamu, seorang peringkat F, ambil seratus request peringkat F, peringkatmu tidak akan meningkat]
[Maksudmu aku harus berhasil menyelesaikan sebuah request yang berperingkat lebih tinggi untuk meningkatkan peringkatku?]
[Standarnya sekitar 10 request. Guild akan menilai kamu setelah itu]
[Apa yang terjadi kalau aku bekerja sama dengan seseorang yang berperingkat lebih tinggi untuk menyelesaikan request?]
[Ketika kamu menerima request, semua orang yang berpartisipasi akan perlu untuk menyerahkan kartu guild mereka. Kalau ada orang yang berperingkat lebih tinggi di antara mereka, lalu kami akan menaikkan batas lewatnya]
[Itu berarti?]
[Jumlah request yang dibutuhkan naik untuk meningkatkan peringkat. Ketika seorang petualang peringkat C membantu seorang petualang peringkat D dengan request peringkat C, jumlah quest yang dibutuhkan untuk meningkatkan peringkat mereka akan menjadi lebih dari 20. Kalau seorang petualang peringkat S membantu, peringkatmu tidak akan meningkat tidak peduli berapa banyak request yang kamu selesaikan]
[Apa yang terjadi saat itu dilakukan secara rahasia?]
[Aku tidak bisa menanggapi itu. Pada titik itu akan menjadi sebuah masalah moralitas orang itu. Namun, ada beberapa bangsawan yang menggunakan metode itu]

Itu berarti bahwa para petualang peringkat tinggi bisa disewa untuk meningkatkan peringkat milikmu.
Meskipun itu kemungkinan mahal untuk mempekerjakan seorang petualang peringkat tinggi, jadi itu adalah kemungkinan besar sebuah metode yang mustahil untuk orang biasa gunakan.

[Terakhir, kartu ini tidak bisa digunakan oleh siapapun selain Yuna-san. Kalau kamu menghilangkannya, kami akan mengenakan 10 koin perak untuk mengeluarkan yang baru]

Dia menyerahkan padaku sebuah kartu perak yang sudah selesai.
Ketika aku melihat pada kartu itu,

Nama: Yuna
Usia: 15
Pekerjaan: Beruang
Peringkat Petualang: F

Ini adalah satu-satunya informasi yang tertulis pada kartu.
Resepsionis ini sungguh menulis bahwa pekerjaanku adalah beruang.
Ketika aku melihat pada Helen, dia tertawa.

[Request ditempatkan di papan sebelah sana. Kalau kamu menemukan sebuah request yang sesuai dengan keinginanmu, tolong bawa itu kembali ke meja resepsionis]

Aku melihat sebuah kerumunan besar di sekitar salah satu dari papan request, tapi yang lainnya tidak memiliki siapapun di dekat itu.

[Itu?]
[Papan itu adalah untuk request peringkat tinggi]

Aku mengerti.

[Apakah kamu mau bertanya sesuatu yang lain?]
[Tidak saat ini. Kalau aku memiliki sesuatu untuk ditanyakan, aku akan kembali]
[Lalu, akankah kamu mengambil sebuah request hari ini?]
[Aku berniat untuk menjelajahi kota sebentar. Bagaimanapun aku baru saja datang ke kota ini kemarin]

Fina sedang menungguku di luar saat aku berpisah dengan Helen.

[Ada apa, Fina?]
[Saya mengkhawatirkanmu]
[Ah! Maaf untuk membuat kamu khawatir. Aku sudah bisa mendaftar dengan benar, jadi itu baik-baik saja, jadi Fina, apakah kamu menemukan perkerjaan?]
[Tidak. Kebanyakan para petualang bisa melakukan pengulitan sendiri. Kamu bisa membuat lebih banyak uang kalau kamu melakukan itu sendiri, jadi tidak ada banyak monster yang masih belum dikuliti]
[Begitukah?]

Meskipun aku tidak ingin untuk melakukan pengulitan sendiri.
Bahkan kalau aku akan menghasilkan sedikit uang, aku tidak memiliki niat melakukan itu sendiri.
Aku memiliki kotak beruangku. Ketika aku mengalahkan seekor monster, aku bisa menempatkannya kedalam kotak utuh-utuh.
Di tempat pertama, menguliti binatang dan monster bukanlah sesuatu seorang hikikomori sepertiku bisa lakukan.
Aku mengelus kepala Fina dan ingin untuk berpisah, tapi aku menyerah pada ide itu.

[Ah, yeah. Kamu bebas kan?]
[Ya, saya tidak memiliki pekerjaan lain]
[Aku tidak tahu berapa banyak penghasilanmu dalam sehari tapi... maukah kamu menunjukkanku sekeliling kota? Aku akan memberikanmu satu koin perak dan makan siang sebagai hadiah]
[Itu terlalu banyak. Itu terlalu banyak kemarin juga. Seorang anak kecil berusia 10 tahun tidak bisa mendapatkan satu koin perak sehari]
[Lalu hari ini adalah spesial. Kalau kamu tidak menerima, kamu tidak akan menemukan pekerjaan lain di kota ini]

Aku dengan lembut mengelus kepalanya.
Aku tidak memiliki seorang adik, tapi kalau aku memiliki satu, akankah itu terasa seperti ini?

[Yuna-neechan, terima kasih]
[Yah lalu, ayo pergi. Pertama, mengapa kamu tidak membawaku ke sebuah toko senjata yang bagus?]

Aku ingin untuk menyelesaikan salah satu dari tujuanku, jadi aku bertanya pada Fina untuk membimbingku ke sebuah toko senjata.


Komentar